Beli Gelang Khas Dayak, Cara Sandi Kampanyekan Produk Ukm

Beli Gelang Khas Dayak, Cara Sandi Kampanyekan Produk UKMFoto: Timses Prabowo-Sandi

Palangkaraya -Sandiaga Salahuddin Uno membeli gelang khas Dayak dikala mengunjungi pusat UMKM pusat kerajinan Palangka Raya, Kalimantan Tengah, di Jalan Batam, Pahandut, Kota Palangka Raya, Senin (4/2/2019).

Gelang berbahan kayu dan kerikil ini dilukis dengan motif khas Dayak dengan corak berwarna-warni. Sandi membeli kerajinan tangan itu sekaligus untuk mempromosikan kerajinan yang diproduksi para pelaku UMKM.

Deny, salah satu pemilik toko, mengaku membutuhkan promosi untuk produknya demi menggenjot penjualan. Karena belum banyak orang lokal atau wisatawan dalam negeri yang yang menggunakan tas atau suplemen lainnya yang mereka produksi.

"Banyak wisatawan lokal yang belum percaya atau belum yakin menggunakan aneka macam suplemen yang kami buat, Pak. Ini butuh promosi. Padahal produksi kami cukup bagus. Malah banyak orang Korea Selatan yang menggunakan produk kami," curhat Deni.


Menurut Sandi, jumlah penduduk Indonesia lebih dari 200 juta orang merupakan pangsa pasar yang besar. Sayangnya, jumlah itu masih dimanfaatkan oleh negara lain.

"Kecintaan menggunakan produksi dalam negeri memang harus digenjot lagi. Saya akan menggunakan gelang ini. Cakep kan, ini produk lokal. Makara memang harus ditumbuhkan. Kemarin saya ke Aceh, gembira rasanya, grup kopi internasional dengan lambang warna hijau tidak dapat masuk ke sana. Karena masyarakat Aceh gembira minum kopi sendiri. Begitu juga dengan warga Palangka Raya, harusnya mempromosikan kerajinan tangan para perajinnya," jelas Sandi.

Untuk mewujudkan ini, lanjut Sandi, memang diharapkan pemerintahan yang berpengaruh dan kepemimpinan yang tegas.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel