14 Pilot Yang Dipecat Gugat Balik Lion Air

14 Pilot yang Dipecat Gugat Balik Lion AirFoto: 14 Pilot yang dipecat Lion Air menggugat balik. Mereka jumpa pers di LBH Jakarta (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)

Jakarta -14 Pilot yang dipecat Lion Air sebab disebut menjadi dalang mogok awak sehingga mengakibatkan delay parah pada Mei kemudian melawan. Mereka akan menggugat balik maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia itu.

"Kami sudah melaporkan ke Kemenhub, Kementerian Ketenagakerjaan, dan DPR. Namun ketika proses aturan sedang berjalan tapi kami di-PHK. Hasil tripartit Lion menolak dimediasi. Kami menggugat balik itu. Kalau ada perselisihan karyawan dilarang di-PHK, harus dimediasi. (Kami) Hanya PHK lisan, emang di pasar?" ujar pendiri Serikat Pekerja-Asosiasi Pilot Lion Group (SP-APLG) Captain Mario Hasiholan.

Hal ini dikatakan Mario di kantor LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2016). Acara ini difasilitasi oleh LBH Jakarta yang dihadiri oleh sejumlah anggota SP-APLG. Semuanya mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Selain memecat, Lion Air juga mempolisikan 14 pilot itu sebab mendirikan organisasi di luar instansi yakni SP-APLG.

"Tindakan Lion Air yang melaporkan SP-APLG (ke polisi) merupakan langkah kriminalisasi pada pilot," imbuh Mario.

14 Pilot yang dipecat Lion Air menggugat balik. Mereka jumpa pers di LBH Jakarta (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)


Mario yang juga sebagai salah satu dari 14 pilot yang dipecat menyesalkan perlakuan Lion Air terhadap serikat pekerja sebab tidak memakai mekanisme yang berlaku. Disinggung mengenai upaya Lion Air yang berencana membina mereka, Mario dengan tegas membantah.

"Kita bukan dibina tapi dimiskinkan, hingga detik ini kita tidak tahu. Sampai ketika ini kita tidak pernah dipanggil," sergahnya.

Pihaknya juga mempermasalahkan sistem kontrak kerja di Lion Air yang tidak sesuai dengan Pasal 59 UU Nomor 13 Tahun 2013 ihwal Ketenagakerjaan. Berdasar pasal tersebut, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) hanya boleh dilakukan paling usang 2 tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 kali untuk jangka waktu paling usang 1 tahun.

Mario juga menilai bahwa perusahaan telah mempermainkan para pilot yang bekerja.

"Kami (tenaga) kontrak. Kami tidak ada yang menjadi pegawai tetap, dengan jangka waktu 5-20 tahun dengan penalti dari Rp 500 juta hingga miliaran. Kontrak disodorkan sehabis training. Pada ketika pilot menandatangani kontrak kerja, anggaplah kami melaksanakan kesalahan. Tapi mereka kan mengetahui undang-undang (Ketegakerjaan) ini," ujarnya.

Mario yang juga telah mengabdi di Lion Air selama 10 tahun bersama serikat pekerja akan melaksanakan banyak sekali upaya kepada pihak maskapai ketika insiden delay parah 10 Mei 2016.

Tanggapan Lion Air

Dikonfirmasi terpisah Head of Corporate Lawyer Lion Air Group Harris Arthur Hedar mempersilakan saja para pilot itu balas melaporkannya ke polisi.

"Silakan saja, itu kan hak mereka, kita lihat fakta-faktanya. Kami lapor mereka sebab kejadian-kejadian ketika Mei kemarin. Mereka kami laporkan sebab mereka nggak terbang pada ketika itu dan mereka memperlihatkan keterangan pers jikalau mereka nggak digaji. Padahal tidak ada itu (tidak digaji). Sampai kami berhentikan mereka pun mereka kami gaji. Mereka ini kami bina, jadi semua yang mereka kasih keterangan ke pers itu bohong," tegas Harris Arthur kepada detikcom, Minggu (7/8/2016).

Pihak Lion Air, imbuh Harris, memberhentikan ke-14 pilot per Agustus 2016. "Kalau mereka masih tetap gunakan nama pilot Lion Air, kami akan tuntut lagi. Kalau mereka, pakai nama pribadi," terang dia.

Dikonfirmasi mengenai sistem kerja kontrak bagi pilot Lion Air yang lamanya 5-20 tahun dengan penalti Rp 500 juta hingga miliaran rupiah yang menciptakan keberatan para pilot Lion Air, Harris tidak membantahnya.

"Masalah mau 5 tahun-20 tahun kesepakatan kita. Kalau mereka nggak setuju ya, nggak usah tanda tangan. Itu alasan yang dibuat-buat. Kalau tidak beres mengapa tanda tangan? Ini sudah berapa tahun mereka gres sadar. Kalau tidak beres, mengapa gres bilang sekarang? Apa maksud mereka," gugat Harris.

Mengenai penalti dalam kontrak kerja itu, Harris menyampaikan alasannya, "Karena mereka disekolahkan pakai duit Lion Air, terus jikalau mereka keluar sebelum kontrak (selesai) harus bayar pinalti. Kalau nggak digitukan nanti semua suka-suka di Lion. Tetap harus bayar".

Maskapai penerbangan Lion Air memecat 14 orang pilot yang mogok terbang pada Mei lalu. Mereka diberhentikan dengan alasan melaksanakan sabotase dan malpraktik dalam penerbangan.

Selain menghasut pilot lainnya dan mengakibatkan delay parah, 14 pilot itu disebut Lion Air juga mendirikan asosiasi yang mengatasnamakan asosiasi pilot lion air. Edward menilai hal itu sebagai satu tindak pidana.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel