Segudang Problem Keuangan Milenial (2)

Ilustrasi Foto: shutterstockIlustrasi Foto: shutterstock

Jakarta - Anda milenial? Permasalahan keuangan pertama pada milenial yakni terjebak utang. Hal ini sudah dibahas lengkap di artikel sebelumnya.

Dan solusi pertama untuk dapat lepas dari jebakan utang yakni menyadari bahwa anda punya utang. Menyadari yakni dengan cara menciptakan daftar utang yang sudah dimiliki ketika ini.

Kemudian apa lagi? Yuk kita bahas di artikel kali ini.

Kedua, Buat Perencanaan Untuk Keluar dari Jebakan utang
Jebakan utang bukanlah hal yang sederhana sehingga untuk dapat keluar dari jebakan utang tidak dapat dilakukan dengan cara sederhana ataupun main-main. Itu sebabnya anda harus menciptakan Perencanaan untuk keluar dari lilitan atau jebakan utang. Buat taktik yang baik dan benar supaya anda dapat keluar dari jebakan utang tersebut.

Banyak taktik untuk keluar dari utang yang anda dapat lakukan. Beberapa taktik tersebut akan kita bahas selanjutnya. Melakukan kombinasi dari taktik juga dapat dilakukan supaya dapat mempercepat pembayaran cicilan utang anda.

Ingat ketika anda berutang maka anda diwajibkan membayar bunga, dan semakin usang anda melunasi utang maka akan semakin besar bunga yang akan anda bayarkan.

Ketiga, Alokasi Bujet Extra Untuk Pembayaran utang
Bagaimana cara mengetahui bahwa anda sudah terkena jeratan atau lilitan utang? Ketika anda sudah membayar biaya cicilan minimum dari tunjangan anda. Misalnya anda punya beberapa utang kartu kredit senilai Rp 20 juta yang harusnya anda bayarkan dan lunasi sekalian.

Nah, ketika anda mulai membayar cicilan-cicilan ini dengan biaya minimal (saat ini 10% alias 2 juta), maka kemungkinan besar anda sudah mulai bermasalah dengan utang anda alias terjebak atau terjerat utang.

Mengapa demikian? Kalau anda tidak terjebak utang kemungkinan besar tagihan bulanan anda akan dilunasi seluruhnya ketika datang. Kalaupun dana anda tidak cukup untuk membayar lunas, maka biasanya akan anda lunasi sebagian. Ketika anda mulai merasa kesulitan secara keuangan, maka anda akan bermain kondusif dengan membayar cicilan minimum.

Empat, Cari Penghasilan Tambahan Agar Ada Bujet Untuk Bayar Extra Cicilan
Anda kesulitan membayar extra perhiasan untuk cicilan utang anda atau bahkan anda mulai merasa kesulitan untuk membayar cicilan minimum utang anda, berarti sudah saatnya anda mencari penghasilan perhiasan untuk membayar cicilan anda ini.

Penghasilan perhiasan dapat dilakukan dengan bekerja fisik (misalnya menjadi barista atau kerja di kafe), atau juga dengan berbisnis secara online. Apapun dapat dikerjakan dan dilakukan selama ada kemauan yang keras.

Lima, Cari utang Dengan Bunga Yang Lebih Rendah
Ingat saya pernah katakan bahwa salah satu beban terberat utang yakni biaya bunga. Dan semakin usang anda mencicil utang anda maka akan semakin besar biaya bunga yang harus anda bayarkan. Itu sebabnya mencari utang pengganti dengan biaya bunga yang lebih rendah dapat membantu anda meringankan beban bunga anda.

Di kurun menyerupai kini dimana institusi keuangan bersaing cukup ketat, mereka mencari debitur dengan catatan pembayaran cicilan yang baik. Nah salah satu iming-iming debitur ini dengan mengatakan suku bunga yang rendah untuk kredit atau tunjangan yang dipindahkan ke mereka.

Lakukan perhitungan dengan cermat dan seksama. Apabila berdasarkan anda perhitungannya menguntungkan dan membantu anda menghemat, maka pindahkan utang anda ke utang gres dengan bunga yang lebih rendah.

Enam, Konsolidasi utang Anda
Strategi memindahkan utang ke akomodasi utang gres yang lebih rendah bunganya menyerupai poin di atas dapat juga dikombinasikan dengan cara lain yaitu mengkonsolidasikan utang anda.

Bila anda memiliki beberapa jenis utang (kartu kredit & KTA), maka anda dapat pindahkan ke hanya 1 jenis utang dengan biaya dan bunga yang lebih rendah. Sehingga dengan cara ini anda tidak hanya menghemat biaya bunga tapi juga dapat transfer pembayaran cicilan anda.


Seru kan? Ternyata banyak cara supaya anda tidak terjerat utang. Hal menyerupai ini dapat dipelajari di workshop yang dilaksanakan oleh tim ARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari ihwal bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari ihwal Reksadana. Ada juga workshop khusus ihwal Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda dapat berguru ihwal perencanaan keuangan komplit, bahkan dapat jadi konsultannya dengan akta Internasional dapat ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya dapat dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda dapat diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari kawan yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel