Begini Alur Klaim Asuransi Korban Krl Jakarta-Bogor Yang Terguling

Foto: Zakia Liland/detikcomFoto: Zakia Liland/detikcom

Jakarta - PT Jasa Raharja menanggung biaya perawatan korban kecelakaan kereta rel listrik (KRL) Jakarta-Bogor yang terguling. Biaya perawatan untuk korban maksimal Rp 20 juta.

Lalu, bagaimana alur klaim asuransi tersebut?

Corporate Secretary Jasa Raharja Harwan Muldidarmawan menerangkan, petugas Jasa Raharja akan eksklusif mendatangi rumah sakit di mana daerah korban di rawat. Petugas akan melaksanakan pendataan pada korban.

"Nanti korban yang sudah ditangani di rumah sakit, dirawat di rumah sakit, petugas kami yang melaksanakan pendataan di rumah sakit, mendatangi pihak korban maupun keluarga di sana untuk meminta dokumen-dokumen kelengkapan identitas dari korban. Nanti petugas kami akan berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mengeluarkan surat jaminan," terangnya kepada detikFinance, Minggu (10/3/2019).



Dengan begitu, korban tak perlu repot-repot untuk mengurus manajemen di kantor Jasa Raharja. Menurut Harwan, ada pun dokumen yang diharapkan untuk korban luka-luka hanya kartu identitas.

Sejalan dengan pendataan di rumah sakit, pihak Jasa Rajarha juga akan berkoordinasi dengan PT KAI serta pihak berwajib untuk mengonfirmasi kejadian kecelakaan.

"Kalau korban luka-luka hanya identitas kependudukan KTP dan laporan kejadian peristiwa. Itu aja. Untuk memastikan korban dari kereta tersebut," sambungnya.



Dia menambahkan, proses ini tidak memakan waktu lama. Asalkan, diketahui korban itu betul-betul penumpang KRL Jakarta-Bogor yang terguling.

"Kalau pertanggungannya saat korban di rumah sakit dan korban merupakan penumpangan kereta api tersebut, dan kita menerima informasi bahwa benar korban pennumpang kereta api tersebut maka secara otomatis korban dimaksud sudah tertanggung Jasa Raharja. Iya eksklusif mulai pertanggungannya, hingga final perawatan dengan biaya maksimum Rp 20 juta," tutupnya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel