Buruh Demo Di Grahadi, Pengendara Diimbau Cari Jalur Alternatif

Buruh Demo di Grahadi, Pengendara Diimbau Cari Jalur AlternatifFoto: Hilda Meilisa Rinanda/File

Surabaya -Pengguna jalan Kota Surabaya diimbau menghindari daerah Gubernur Suryo dan mencari jalur alternatif sebab siang ini ada ratusan buruh yang bakal berdemo di depan Gedung Negara Grahadi.

"Ada beberapa jalur yang akan kami rekayasa terkait demo teman-teman buruh di depan Gedung Negara Grahadi. Kami imbau pengguna jalan untuk menghindari dan mencari jalur alternatif," kata Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Pol Rudi Setiawan kepada detikcom, Senin (8/10/2018).


Beberapa jalur yang akan ditutup di antaranya Jalan Basuki Rahmat arah Gubernur Suryo dan Jalan Tunjungan yang menuju ke arah lokasi demo.

"Kondisi di lapangan akan kita pantau. Jika memungkinkan akan kita lakukan buka-tutup sehingga tidak menjadikan kepadatan di beberapa ruas," tambah Rudi.

Selain rekayasa kemudian lintas, pihaknya juga menyiagakan ratusan petugas untuk mengantisipasi agresi demo tersebut.

"Selain pemasangan pagar kawat berduri kami juga siagakan ratusan petugas Dalmas dan polsek sekitar untuk mem-backup pengamanan demo mitra buruh," tandasnya.


Informasi yang dihimpun detikcom menyebutkan, massa yang akan melaksanakan demo berasal dari sejumlah elemen, di antaranya KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) dan FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia). Mereka akan mengajukan tuntutan terkait upah buruh di Jatim.

"Dari pemberitahuan yang kami terima, mereka menuntut di antaranya peniadaan disparitas upah di Jatim, peningkatan kualitas nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan dilaksanakannya struktur dan skala upah minimal 5 persen dari UMK sesuai Perda nomor 08 tahun 2016," ungkap Rudi.

Rencananya demo akan digelar mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel